Kamis, 17 Desember 2009

Bila Ingin Kembali Bersama Usai Perselingkuhan




Baru-baru ini pegolf nomor 1 dunia, Tiger Woods, dikabarkan telah berselingkuh, setidaknya dengan 7 wanita sejak pernikahannya dengan sang istri, Elin Nordegren. Angka tersebut bahkan belum mutlak, masih terus ada wanita-wanita yang mengaku pernah bercinta dengan Woods. Akibat kebiasaannya tersebut, Woods bahkan sempat bertengkar hebat dengan istrinya, yang berujung kecelakaan. Woods dikabarkan tak sengaja menabrakkan mobilnya ke pohon dan alat pemadam kebakaran.

Jika Anda berada di posisi Woods, apakah yang akan Anda lakukan? Setelah perselingkuhan Anda terkuak oleh pasangan, apakah masih ada kesempatan untuk memperbaikinya? Meski akan sulit untuk mengembalikan kepercayaan pasangan seperti sedia kala, namun jika Anda dan dia bisa sama-sama berkaca dan berkomitmen dan merasa masih ada harapan untuk bisa meneruskan bersama, mengapa tidak? Bahkan, bukan tak mungkin hubungan Anda justru bisa lebih erat dari sebelumnya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika Anda dan pasangan memutuskan untuk mencoba memperbaiki hubungan:

Hentikan, putuskan, intinya: tak ada lagi!
Pastikan Anda tak lagi menghubungi si selingkuhan. Ini adalah hal yang terutama, jika Anda ingin benar-benar memperbaiki hubungan dengan pasangan Anda. “Pertemanan” dengan selingkuhan pun sudah tak bisa ditolerir lagi.



Komitmen ulang
Jika tak satu pun dari Anda yakin bisa bersatu kembali, maka utarakanlah! Kebingungan adalah hal yang wajar, namun jangan jadikan hal tersebut menjadi penghambat Anda dan dia membicarakan keadaan yang sebenarnya.

Keterbukaan
Jika pasangan Anda ingin mengetahui detail perselingkuhan, atau sejauh mana perselingkuhan itu, Anda harus tahu, bahwa Anda berhutang penjelasan kepadanya. Bantu mereka untuk mengerti kebenarannya, karena, seburuk apa pun itu, tak mungkin lebih buruk dari apa yang ada di bayangan pasangan Anda. Kadang, si pasangan sebenarnya tak ingin mengetahuinya, biarkan mereka yang memberitahu apa mau mereka. Jangan berasumsi.

Berhenti melarikan diri, dan hadapi
Menghindari rasa sakit seringkali menjurus ke perselingkuhan. Menghadapinya memang menakutkan. Cobalah untuk berdiam diri dan mulai mendengarkan pasangan Anda. Ambillah segenggam keberanian dan utarakan apa yang ada di pikiran Anda. Apa pun itu, berkomunikasilah dari hati ke hati dan kepala dingin.

Bersiaplah
Ekspresikan penyesalan Anda, dan dengan sungguh-sungguh, katakan bahwa Anda dengan segenap hati akan melakukan segalanya untuk berfokus dan merajut kembali hubungan Anda. Lalu, lakukanlah!

Ambil tanggung jawab
Meski Anda yang bersalah dengan berselingkuh, namun jangan kemudian mau disalahkan setiap saat. Perselingkuhan bisa terjadi karena ada sesuatu hal yang salah di depannya. Kedua pihak harus bersedia untuk merasa sakit dan mengakui adanya kekurangan di dirinya atau pasangannya, dan tidak saling menyalahkan. Jika masalah utamanya tak juga diketahui dan diatasi, maka tak akan ada penyelesaiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar